Janda Menikah Tanpa Wali

Pada kesempatan kali ini kita membahas tentang Janda Menikah Tanpa Wali. Di dalam artikel ini kami mencoba menyampaikan informasi lengkap tentang Janda Menikah Tanpa Wali. Kami telah menyusun artikel kali ini dengan seksama. Harapannya melalui artikel ini mampu memahamkan kita semua tentang Janda Menikah Tanpa Wali dengan baik.

Janda Menikah Tanpa Wali

janda menikah tanpa wali

Berikut ini adalah penjelasan Ustadz Abdullah Haidir tentang Janda Menikah Tanpa Wali:

Jumhur (mayoritas) ulama berpendapat (termasuk yang diberlakukan dalam UU perkawinan di negeri kita), seorang wanita yg menikah harus melalui walinya yang sah, baik gadis atau janda.

Jadi, meskipun janda, dia harus menikah lewat walinya, maka yg namanya izin menjadi suatu keharusan. Jadi kalau tdk izin berarti tidak diwalikan oleh walinya, maka tdk sah.. Baik dlm Al-Quran ataupun hadits dan kesimpulan para ulama menunjukkan harus ada wali bagi wanita yg menikah.

Nabi saw bersabda,

لَا نِكَاحَ إِلَّا بِوَلِيٍّ

“Tidak (sah) pernikahan (bagi wanita) kecuali dengan wali.” (HR. Abu Daud)

Kecuali jika walinya menghalangi atau menolak tanpa uzur syar’i, bolehlah wanita tadi meminta keputusan pengadilan utk dinikahkan…

Sabda Nabi saw:

أَيُّمَا امْرَأَةٍ لَمْ يُنْكِحْهَا الْوَلِيُّ، فَنِكَاحُهَا بَاطِلٌ، فَنِكَاحُهَا بَاطِلٌ، فَنِكَاحُهَا بَاطِلٌ، فَإِنْ أَصَابَهَا، فَلَهَا مَهْرُهَا بِمَا أَصَابَ مِنْهَا، فَإِنِ اشْتَجَرُوا، فَالسُّلْطَانُ وَلِيُّ مَنْ لَا وَلِيَّ لَهُ

“Siapa saja wanita yang tidak dinikahkan walinya, maka pernikahannya batil, pernikahannya batil. Jika suaminya menggaulinya, maka dia wajib memberinya mahar berdasarkan persetubuhan tsb. Jika mereka berselisih (wanita dengan walinya), maka penguasa adalah wali orang yang tidak punya wali.” (HR. Ibnu Majah)

Demikian tadi adalah artikel tentang Janda Menikah Tanpa Wali. Kami berharap yang sedikit ini mampu menambah wawasan kita semua. Juga semoga artikel tentang Janda Menikah Tanpa Wali ini memberi manfaat untuk kita semua. Silahkan bagikan artikel ini kepada orang lain jika menurut anda artikel ini akan berguna bagi orang lain juga. Anda juga bisa berlangganan di blog kami melalui email jika anda berkenan. Terimakasih sudah berkunjung di blog kami.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *